Life

Selamat Natal, Semoga Membawa Berkah

Foto dibuat oleh seorang teman.
Foto dibuat oleh seorang teman.

Diskusi itu kemudian terus berlanjut. Ada satu merek yang selalu kita cermati. Merek itu adalah Freitag (www.freitag.ch), mereka adalah pengusaha yang membuat tas berbahan dasar terpal sisa dari truk. Terpal sisa dari truk? Iya, jika di negara-negara di benua Eropa, banyak kita jumpai truk-truk yang menggunakan terpal, khususnya truk kontainer, salah satunya untuk kebutuhan iklan. Nah, terpal itu sangat besar, karena terpal itu digunakan untuk menutupi badan kontainer yang dibawanya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja tengok website mereka.

Ada kutipan menarik dari Opa Thomas A. Edison. Dia mengatakan seperti ini; “Kelemahan terbesar kita terletak pada kata ‘menyerah.’ Cara paling pasti untuk meraih sukses adalah selalu untuk mencoba satu kali lagi. Jika saya tangkap, beliau ingin bilang ke kita jika kita mentok menemui kegagalan dalam berupaya, salah satu kunci untuk keluar dari kondisi itu yang mencoba untuk sekali lagi. Kalimat sederhana, namun sulit untuk dilaksanakan. Freitag, merek tas yang di awal saya ceritakan adalah salah satu bisnis yang melakukan filosofi tersebut.

Filosofi Opa Thomas tersebut kemudian saya pakai untuk membuka sesi evaluasi di tempat aktivitas sehari-hari. Bukan tanpa alasan namun kiranya memang pas untuk menjaga semangat yang masih tersisa. 2014, kita menghadapi tahun yang penuh dengan ketidakpastian. Sistem demokrasi yang semakin dewasa namun juga mengkhawatirkan karena kini hanya ada dua kekuatan politik, layaknya negara adikuasa Amerika Serikat. Imbasnya, iklim bisnis tak menentu di tahun ini. Hampir semua pelaku bisnis mengakuinya, di awal dan pertengahan tahun banyak pemasukan pada bisnis di dalam negeri anjlok. Tak terkecuali tempat saya berkarya, tas baGoes (www.baGoes.co.id) turut terkena imbas iklim bisnis yang menurun tersebut.

Jangankan mencapai target, membuka tahun 2015 pun masih diselimuti kebimbangan. Hanya ada dua pilihan yang kemudian muncul, yakni bubar atau terus lanjut. Tentu bukan tanpa konsekuensi jika pada akhirnya salah satu dari pilihan tersebut kita pilih. Tapi, tanpa memilih, tentu malah akan makin memperbesar kegalauan di akhir tahun.

Berkah Malam Natal

Kata orang, malam Natal adalah malam yang penuh berkah. Saya sih percaya saja meskipun saya seorang Muslim. Toh bagi saya dengan mempercayai itu tidak lantas melunturkan iman saya. Tapi entahlah, dengan penuh kepercayaan diri, akhirnya kami memilih untuk tetap lanjut, tepatnya mengupayakan roda bisnis terus berputar di tahun depan. Takut akan kembali gagal? Kalo kata Opa Thomas sih dia tidak pernah gagal, tapi dia hanya telah menemukan ribuan cara, untuk sukses dan berhasil tentunya. Jadi, untuk sukses ya jalan dan caranya ternyata cukup banyak, kita hanya perlu mengikuti cara-cara tersebut hingga akhirnya tiba di depan ‘pintu’ kesuksesan. Selamat Natal, mari rayakan dengan penuh ketentraman…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s