Ketik tanda bintang disertai beberapa angka diakhiri tanda pagar kemudian tekan telepon.  Begitulah cara untuk mengetahui berapa sisa pulsa atau kuota internet dari kartu selular yang kita gunakan. Cukup mudah bukan?

Saat ini, intensitas untuk cek kuota internet bisa jadi lebih sering ketimbang cek pulsa. Hal tersebut berdasarkan pengalaman pribadi yang intensitas pengecekan akan meningkat di akhir bulan (sesuai dengan masa aktif kuota yang akan habis). Pertanyaan awamnya; “Mengapa kita melakukan itu?” Ya jawabannya sederhana, agar kita tahu posisi sisa kuota kita dan bersiap bila akan kehabisan (pertanyaan sama jawabannya normatif banget ya? Haha).

Pernah denger ucapan orangtua kita yang bilang; “Zaman sekarang mah enak, semuanya bisa dicari di internet. Waktu zaman dulu nyari apa-apa susah banget.” Tanpa disadari memang benar adanya. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dalam berselancar di internet. Katanya sih, gara-gara internet, percepatan pengetahuan manusia meningkat lebih cepat 100 tahun dibanding masa sebelumnya. Jangan Tanya apakah Dimas Kanjeng Taat Pribadi pakai jasa internet untuk gandakan uang yah. Soalnya dia kan pakai jin.

Eric Schmidt, petinggi Google, seorang yang ahli banget di dunia IT mengatakan bahwa masa internet seperti sekarang ini bakal hilang di masa depan. Hal itu dia ungkapkan di acara World Economic Forum bulan Januari 2016 lalu. Yup! Internet saat ini akan lenyap dan berganti ke Internet of Things atau IoT. Maksudnya adalah, semua benda yang ada di sekitar kehidupan kita akan terkoneksi dengan internet seperti kendaraan atau peralatan rumah tangga sehingga seperti memang tidak ada internet karena internet adalah semua hal.

Balik lagi ke kuota, kita akan senantiasa berinternet bila kuota terpenuhi. Artinya, kuota merupakan salah satu syarat utamanya. Kita akan tenang bila mengetahui kuota yang tersedia masih cukup besar. Namun akan resah bila kuota tersebut hampir habis.

Tentang IoT di atas, saya pernah berandai, bagaimana bila semua aspek kehidupan memang bisa dibantu oleh keberadaan internet? Misalnya, saya dapat cek sisa dosa yang telah terkurangi selepas mengerjakan ibadah. Ya tentunya semudah seperti cek sisa kuota internet. Tinggal tekan tanda bintang dan seterusnya, kemudian muncul angka yang dimaksud. Sudah tentu bila kuota amal bisa diperiksa seperti itu akan memudahkan kita untuk menjadi orang yang lebih baik lagi bukan? Hati pada dasarnya mudah berubah. Pagi hari beriman, petang hari ingkar. Dengan kita cek kuota amal maka akan dapat mempertahankan konsistensi hati, bahkan meningkatkannya menjadi lebih baik.

Ah namanya juga berkhayal, tak apalah bila tak masuk akal karena kata orang pintar, ibadah itu melibatkan perasaan bukan logika. Semoga saja kita teramasuk ke dalam manusia yang juga menggunakan internet untuk ibadah, amin.

 

1 minggu 1 cerita

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s